Tahukah Kamu Kalo Google Merekam Semua Aktivitas Kamu ?


Gambar Google My Activity
Androisme kali ini akan membahas tentang Google. Tahukah kamu kalo Google merekam semua aktivitas kamu di internet ? Sampai-sampai ada celetukan "Google Maha Tahu". Bagaimana tidak Google telah masuk dalam sendi-sendi kehidupan kita. Mau cari informasi buka browser Google Chrome. Mau kirim surat buka Gmail, ga tau lokasi buka Google Map, mau nonton video buka Youtube, beli hape mau yang android, mau blogging lewat Blogger. Semua yang disebutkan di atas merupakan produk-produk Google yang sering kita gunakan. Bener kan ? Jadi tidak heran jika Google tahu semua tentang kamu. Kok bisa sih ? Nah berikut ulasan bagaimana Google tahu semua aktivitas kita di internet.

1. Google menyimpan data apapun saat kamu berinternet !
Kamu pernah merasa iklan yang tampil pada saat kamu berinternet sesuai atau cocok dengan kamu ? Nah itu adalah salah satu bukti kalo Google tahu tentang kesukaan kamu. Kok bisa sih ? Ya jelas tahu, apalagi kalo kamu browsing pake android plus google chrome. Semua aktivitas kamu akan disimpan dalam database google seperti Google Adsense dan Google Analytics. Data tersebut digunakan salah satunya untuk keperluan iklan. Makannya kok banyak iklan cocok dengan kamu.

2. Google tahu siapa kamu.

Pada saat mendaftar email kamu menggunakan produk Google yaitu Gmail. Data yang diisikan biasanya berupa nama, jenis kelamin, umur, dan nomer handphone. Data tersebut disimpan semua oleh Google. Apalagi saat ini hampir semua media sosial, youtube, game, e-dagang dan banyak lainnya wajib menggunakan email untuk masuk dan login. Oleh karena itu Google dapat mengetahui apa yang kamu suka bahkan google dapat mengetahui lokasi kamu. Dan data ini lagi-lagi dipergunakan untuk menampilkan iklan yang sesuai dan relevan buat kamu. Walaupun kamu tidak memiliki email kamu tetap dapat mengetahui apa yang kamu suka loh. Contohnya coba kamu buka Youtube, ga usah login deh. Buka salah satu video yang kamu suka, pasti Youtube akan merekomendasikan video lainnya yang mungkin anda suka.

3. Google tahu lokasi kamu dan tempat yang kamu kunjungi

Riwayat tempat

Jika kamu pengguna smartphone jenis android, pasti sebelum memakainya disuruh sign in akun google mu kan ? Kemudian juga dalam androidmu sudah terpasang secara umum aplikasi Google Maps. Maka Google akan dengan mudah menyimpan dan merekan aktivitas berpergian kamu. Tidak hanya lewat aplikasi GPS dan Maps saja tetapi aplikasi lain yang kamu instal seperti instagram, chrome, uc browser, kesemua aplikasi itu juga mempunyai pengaturan untuk mengetahui lokasi kamu.

Sebenernya sih ga masalah ya Google tahu aktivitas kamu. Toh dengan aktivitas yang diketahui oleh Google membuat internetan kita lebih nyambung dengan apa yang kita inginkan. Dengan kata lain Google lah yang paling mengerti apa yang kamu inginkan. Tetapi jika kamu tidak suka, kamu bisa kok menghapus riwayat pencarian kamu semuanya. Caranya tinggal masuk ke Google my activity dan hapus aktivitas. Selesai !

Bagaimana cara mengontrol riwayat aktivitas kita di Google ?
Sebenarnya Google tidak ngelanggar privacy kamu, semua sudah izin pengguna produk google saat pendaftaran di akun Gmail atau produk google lainnya. Tetapi biasanya pengguna lan seegsung skip-skip aja ga ngebaca peraturannya. Untuk kamu yang belum tahu dan bagaimana cara mengontrol riwayat aktivitas kita adalah sebagai berikut :

1. Buka web https://myactivity.google.com/
Di sana merupakan control panel pengaturan aktivitas kamu. Ada beberapa pilihan yaitu :

Aktivitas Web & Aplikasi
gambar google

Fitur ini dapat merekam semua histori pencarian kamu dan aplikasi apa saja yang kamu gunakan pada smartphone kamu. Jika kamu tidak ingin dilacak tinggal nonaktifkan fitur ini. Sebenernya fitur ini juga membantu pengguna sih dalam pencarian di internet. Google akan merekomendasikan apa yang sekiranya kamu sukai atau butuhkan.

Riwayat Lokasi

gambar google my activity

Fitur ini merekam jalan dan tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi seperti kafe, kampus, tempat perbelanjaan, hotel dan lain-lain. Kamu juga dapat menonaktifkan jika tidak diperlukan.

Informasi perangkat
gambar google my activity

Fitur ini berisikan perangkat apa saja yang terhubung pada akun Gmail kamu. Fitur ini berguna untuk menyimpan data kalender, kontak nomer, data aplikasi, dan lain-lain. Sepertinya fitur ini sangat berguna jika ponsel kita hilang atau ganti yang baru. Jadi tidak usah susah-susah mengcopy nomer telpon, tinggal sign in google account lalu data kontak kalender, game, dan aplikasi lainnya pindah secara otomatis.

Suara dan Audio
gambar google my activity

Fitur ini merekam pencarian suara kamu di Ok Google.

Penelusuran Youtube
gambar google my activity

Fitur ini menyimpan semua penelusuran kamu di aplikasi streaming Youtube milik Google. Kamu juga dapan menonaktifkan serta menghapusnya.

Riwayat tontonan Youtube
gambar google my activity


Fitur riwayat adalah menyimpan dan merekomendasikan video video sejinis yang kamu cari. Jadi youtube akan menawarkan video lainnya yang mungkin kamu suka untuk ditonton.
Nah, seperti itulah cara mengontrol aktivitas kamu di Google My Activity. Apakah dengan begitu data-data kita tidak bisa diketahui lagi oleh google ? Sepertinya tidak. Google dapat membaca dan merekam cookies pada perangkat smartphone atau komputer kamu. Contohnya : coba kamu pergi ke Yutube, ga usah masuk atau sign in. Pilih dan tonton video yang kamu suka, pasti akan ada video lainnya yang direkomendasikan oleh Youtube, dan kemunhkinan kamu suka. Bener kan ?
Jadi apa kesimpulannya ? Kalo kata Pak Jokowi, gak apa-apa disadap, orang ga ada apa-apanya.


Tahukah Kamu Kalo Google Merekam Semua Aktivitas Kamu ? Tahukah Kamu Kalo Google Merekam Semua Aktivitas Kamu ? Reviewed by Androisme Portal Teknologi on 10:53 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.