Review Pengalaman Penggunaan Redmi 3 S Prime

Redmi 3 S Prime
Kali ini androisme akan meriew pemakaian redmi 3s prime yang saya beli pada bulan November 2016. Kita tahu bahwa Redmi unyuk tipe ini masih belum resmi rilis di Indonesia. Oleh karena itu garansi yang didapat adalah garansi distributor. Sedangkan Rom yang dipakai pada redmi 3S ga resmi biasanya adalah Rom distributor atau abal-abal atau jika beruntung Rom global developer. Rom abal-abal adalah rom yang dibenamkan oleh distributor non resmi, biasanya banyak sekali terdapat bloatware atau iklan aplikasi. Sebenarnya sih tidak mengganggu kinerja, tetapi sangat mengganggu sekali jika sedang mengoperasikan R3S tiba-tiba muncul pop up. Nah, kebetulan sekali pas saya beli dapet Rom Global Developer. Tidak ada adware maupun bloatware yang mengganggu. Oya untuk spesifikasi R3S adalah :
  1. Dual SIM 4G/3G
  2. Qualcomm Snapdragon 430 Octa-Core Prosesor
  3. Layar 5 inch 1280 x 720 HD IPS
  4. Dual camera (13 MP dan 5MP) 
  5. 4000 mAh battery
  6. Fingerprint

Apa yang saya rasakan saat memakai R3S ? Berikut akan saya ceritakan dalam beberapa poin utama :

1. Apa yang ada dalam Box ?
Berbeda dari redmi 1 dan redmi 2 yang box ponselnya terbuat dari kardus dengan warna coklat polos dan terkesan nature. Redmi 3 S memiliki box elegan dengan warna putih. Serta ada gambar Redmi 3 dalam 3 tipe warna, yaitu Black, Gold, dan White. Pada bagian belakang tertempel stiker importir. Ternyata R3S yang saya beli diimpor langsung oleh PT.WII. Jadi jika R3S yang saya beli bermasalah dan belum lewat 1 tahun bisa dikembalikan ke distributor melalui perantara toko dimana kita beli. Tetapi ada rumor jika beli dan dapat garansi distributor sama saja tidak ada garansi, jadi jika ada masalah ya kita bisa service secara mandiri. Ok lanjut, kita buka box nya. Di dalam box ternyata hanya ada Redmi 3 S, Charger, buku penduan pengguna bahasa indonesia yang sepertinya dicetak oleh PT.WII, Sim Ejector, dan kargu garansi WII kosongan. Alhamdulilah saya dapat charger tanpa sambungan pas saya beli dari distributor WII, jadi tidak usah membeli extension lagi.


2. Design Body Redmi 3 S
Saya beli R3S dengan warna black and gray. Material body terbuat dari plastik. Untuk bagian depan bewarna hitam dan bagian belakang grey jadi seakan akan seperti metal, tapi keren sih.
Posisi speaker berada pada bagian belakang cover, sehingga jika kamu menyetel musik suara jadi sedikit terganggu.
Bagian cover belakang melengkung pas untuk digenggam, tapi agak sedikit licin dan rawan jatuh saat digenggam. Saya sarankan beli case silikon yang tipis, harga 10ribuan biar lebih awet lagi R3Snya dan tidak gampang lecet.
Sim tray berada pada samping kiri body. Untuk mengganti SIM pada R3S harus menggunakan sim ejector yang berbentuk seperti jarum. Jujur hal ini baru buat saya, biasanya kalo ganti sim tinggal copot cover belakang plus battrai, sekarang bisa dicolok-colok pakai sim ejector :D walaupun dual Sim, satu slot bisa dipasang mc card dan satunya SiM. Jadi pilih salah satu, mau dual sim atau single sim sama memory card.

3. Operating System (OS)
Pada saat beli saya mendapat ROM miui 8 marsmello, tetapi masih beta. Selama beberapa hari pemakaian tidak terdapat kendala atau error apapun. Lancar jaya, tampilan layar dan menu bisa full di costumize semau kamu. Dari lock screen sampai bentuk icon.
Peforma mantap. Secara Ram 3 Gb dan internal 32 Gb. Untuk bermain game seperti Mobile Legend lancar banget bahkan bisa multi tasking sambil balesin BBM. Tidak seperti ram 1 atau 2 yang jika kita keluar dari game akan closed otomatis. Puas banget untuk peforma R3S. Ga ada lag juga. Tetapi setelah pemakaian sebulan terjadi random reebot atau mati-mati sendiri. Tetapi jangan khawatir, itu adalah bug yang ada pada rom developer global. Jika hal ini terjadi biasanya saya pencet tombol power + down untuk masuk recovery dengan gambar mi bunny. Setelah itu pencet power lagi maka akan restart dan normal lagi. Hal ini mulai sering terjadi pada rom global developer. Akhirnya untuk mengatasi hal ini saya upgrade Rom ke global stable. Caranya mudah, tinggal download rom dari web official, file rom dicopy ke internal, lalu masuk updater via zip, done. Gampang kan ? Setelah saya update tidak terjadi masalah random reboot lagi. Lancar jaya. Malah peforma makin mantap.

BACA JUGA : REVIEW MEIZU M2

4. Battery
Battry mantap sekali, secara kapasitas 4000. Jika pemakaian normal seperti bbm, browsing, line,wa bisa mencapai 24 jam lho. Kalo main game biasanya hanya 10-12 jam saja. Saya akui emang awet banget. Beda seperti redmi 1 dan 2 yang saya sebelumnya saya pakai. Jadi pas pemakaian batrai R3S, pagi berktifitas, malemnya pas mau tidur sekitar jam 11 baru di charge.
Batrai pada R3S adalah built in atau tidak bisa dilepas. Sebenernya sih bisa tapi harus memakai cara khusus seperti dicongkel. Tapi itu untuk teknisi service hape yang sudah tau gimana caranya. Kapasitas 4000 ini sepertinya cocok buat kamu yang sangat mobile kemana-mana dan tidak bawa power bank.

5. Ram dan Storage
Walaupun ram R3S 3 GB, sisa ram hanga 1,7 GB sisanya entah kemana, sepertinya sih dipakai untuk menjalankan sistem. Tapi tenang, walaupun sisa 1.7 masih bisa main game plus multitasking seperti bales bbm, sms, bahkan browsing.
Storage yang dimiliki 32 gb, sangat cukup buat beberapa album musik, game, dan foto. Jika masih kurang kamu dapat membenamkan micro sd 32 GB lagi di slot sim. Tetapi kelemahannya jika pasang sd card hanya dapat menggunakan satu sim saja. Sebenernya bisa sih pake sim extender yang dijual 50rb an jadi kamu bisa pake dual sim plus sd card. Tp kurang keren, soalnya pas dipasang itu seperti kabel fleksibel nyangkut di sim tray. Jelek. Atau cara ekstrim mengerok lempengan sim sampai tipis banget, sehingga bisa dipasang sd card di bawahnya.

6. Camera
Resolusi kamera belakang 13 MP. Hasil sih lumayan ya, bisa makro photografi. Depan 5MP cukup untuk video call atai sekedar selfie. Tetapi kurang maksimal saya rasa. Berikut hasil foto R3S.

7. Fitur infrared
Pada r3s terdapat lampu infrared di bagian atas body dekat lubang headset. Infrared ini berfungsi sebagai remote control. Fitur ini sangat berguna sekali buat saya, karena remot tv di kosan saya rusak. Untung ada remotnya nih redmi 3 S, jadi saya bisa mengganti channel lewat ponsel saya. Keren kan ? Padahal bukan smart tv loh, tapi tivi kotak yang gede itu. Mantap. Remot di redmi 3 bisa segala macam merk tv dan perabot elektronik lainnya seperti kipas dan ac. Tetapi saya baru nyoba tv saja.
Untuk ponsel harga 1,9 juta lumayanlah. Apalagi spek yang dimiliki tidak kalah dengan ponsel 2-3 jutaan. Overal 8/10 lah nilainya :D


Review Pengalaman Penggunaan Redmi 3 S Prime Review Pengalaman Penggunaan Redmi 3 S Prime Reviewed by Androisme Portal Teknologi on 6:50 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.