Tips Hemat Baterai Xiaomi


Apakah smartphone kamu xiaomi ? Batre kamu boros ? Coba deh beberapa tips sederhana berikut dapat membuat bateraimu lebih hemat loh. Sudah saya test pada Redmi 3S prime saya. Penggunaan normal, seperti browsing, bermain game, media sosial, dan komunikasi lainnya.  Berikut adalah beberapa cara sederhana namun perlu diterapkan supaya baterai Xiaomi kita menjadi lebih hemat :

1. Gunakan Fitur Clear Recent Apps

Pada Xiaomi, kita bisa menghapus aplikasi yang sedang berjalan di background namun tidak digunakan. Cara menggunakannya biasanya dengan menahan tombol Home/Recent selama beberapa detik, lalu tekan tanda "X" untuk mengeluarkan aplikasi yang berjalan. Tujuannya adalah agar memperingan kinerja RAM kita karena terlalu banyak membuka aplikasi.

2. Hapus Aplikasi Pihak Ketiga Yang Tidak Perlu

Sebenarnya konsep aplikasi seperti penghemat baterai, ram dan lain-lain itu adalah meningkatkan sesuatu dengan mengorbankan sesuatu juga. Seperti contohnya menggunakan penghemat baterai, dimana aplikasi tersebut mematikan beberapa fitur lain demi memperingan kinerja baterai.

3. Gunakan Fitur Baterai Saver

Fitur dari MIUI 8 ini lebih baik digunakan jika kondisi baterai anda sudah mau habis namun tidak memakainya untuk bermain game, buka video dan lain-lain.

4. Perhatikan Aplikasi Autorstart

Pastikan aplikasi yang ingin jalan otomatis adalah aplikasi yang kita inginkan. Pada MIUI 8 kita bisa mengaturnya dengan masuk ke aplikasi Security > Permissions > Autostart. Matikan pada aplikasi yang tidak perlu.

5.  Matikan GPS, Sync, Vibrate, Manual Brightness, dan lain-lain

Jika tidak terlalu digunakan, fitur di atas matikan saja. Seperti halnya Wifi, pastikan hidup saat kita tau ada jaringan yang tersedia. Jangan biarkan terus hidup karena akan menguras baterai anda.

6. Bandingan Versi Firmware Yang Dipakai

MIUI adalah firmware yang secara berkala dilakukan pembaharuan. Dan harus kita tau bahwa pembaharuan tersebut bisa saja memboroskan baterai anda. Di balik pemborosan baterai anda tersebut, bisa saja performa smartphone menjadi meningkat. Jadi, pastikan pada versi mana baterai lebih hemat dan performanya juga optimal.

7. Jika Perlu, Matikan Notification Light

Notification Light mungkin membuat smartphone kita terlihat lebih berkelas, namun itu juga menjadi alasan mengapa baterai kita cepat habis. Lampu yang dipancarkan dan dibiarkan terlalu lama, akan menguras daya baterai menjadi habis.

8. Matikan Efek Animasi

Efek animasi bisa dicontohkan seperti saat kita buka aplikasi. Sebelum aplikasi terbuka, akan tampak layar putih yang muncul sedikit lambat dan tidak langsung begitu saja. Itulah animasi yang dimaksud. Jika kita mematikan fitur ini, memungkinkan untuk mendapatkan daya baterai yang lebih lama. Pada Xiaomi, cara untuk mematikannya adalah dengan mengaktifkan terlebih dahulu fitur Developer Options (tekan 5x pada MIUI Versions di About Phone). Selanjutnya masuk ke Setting > Additional Settings > Developer Options > Pilih Animation Off pada Transition dan Window  Animation Scale juga pada Animator Duration Scale.

9. Gunakan Tweak

Jika perlu instal beberapa tweak yang benar-benar aman dan sudah digunakan oleh pengguna lain. Masing-masing tipe Xiaomi mempunyai tweak mereka sendiri. Saran saya, bergabunglah ke group Facebook untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk menghemat baterai smartphone Xiaomi. Hal paling utama itu adalah bergantung dari penggunaan kita. Mau seberapa banyak pun cara yang dilakukan, jika penggunanya terlalu memaksakan smartphonenya, maka hasilnya sama saja dengan nol. Semoga tips di atas bermanfaat dan dapat diterapkan.
Tips Hemat Baterai Xiaomi Tips Hemat Baterai Xiaomi Reviewed by Androisme Portal Teknologi on 2:11 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.