Sejarah Pokemon Go


Kesuksesan Pokemon Go bukanlah hal yang instan. Proyek pengerjaan pokemon go lebih kurang 20 tahun lamanya. Otak di balik kesuksesan game pokemon go yang fenomenal adalah John Hangke. John Hanke juga merupakan pendiri dan CEO Niantic Labs. Niantic Labs adalah perusahaan game yang mengembangkan berbagai macam game dan salah satunya Pokemon Go. Dalam mengembangkan Pokemon Go, Niantic bekerja sama dengan Nitendo dan Pokemon Company. 

John Hanke, CEO Niantic Labs
Berawal dari tahun 1996, pada waktu itu John Hanke masih duduk di bangku sekolah. Waktu itu dia membuat game berjenis massivly multiplayer online (MMO) yang bernama Meridien 59. Hanke lalu menjualnya ke perusahaan game konsol 3DO. Hasil dana yang terkumpul digunakan untuk mengembangkan produk berbasis teknologi GPS.

Tahun 2000-2004 Hanke mendirikan perusahaan pemetaan digital 3D yang bertema Keyhole pada tahun 2000. Google melihat potensi yang menjanjikan pada teknologi yang dikembangkan Keyhole dan mncaplok perusahaan itu pada tahun 2004.



Tahun 2004-2010 Akhirnya teknologi yang dikembangkan Keyhole menjadi cikal bakal Google Earth. Selama 6 tahun setelah akuisisi Keyhole, Hanke berperan sebagai nahkoda dalam divisi Google Geo yang membawahi tiga layanan, yaitu Google Earth, Google Maps, dan Google Street View.


Pada tahun 2010, Hanke meluncurkan Niantic sebagai starup yang didanai oleh Google untuk menciptakan game berbasis peta. Btw nama perusahaan Niantic terinspirasi dari sebuah nama kapal penangkap ikan paus.

2012. Permainan pertama yang dibuat oleh Niantic berbasis GPS adalah Ingress. Ingress terinspirasi dari khayalan Hanke untuk pulang dan pergi dari rumah ke kantor Google. 
"Saya selalu berfikir dapat membuat game keren dengan data geo lokasi. Kita bisa berpetualang di dunia nyata dalam basis game," kata Hanke.

2014. Dalam rangka menyambut hari April Mop, Google dan Pokemon Company bekerja sama untuk membuat proyek yang memungkinkan pemain menemukan Pokemon di Google Maps. Ide Hanke pun muncul untuk menjadikan lawakan tersebut menjadi sebuah game sungguhan. Pada tahun itu juga Hanke mulai menggodok Pokemon Go yang berbasis awal pada Ingress.


2015-2016. John Hanke PDKT ke Nitendo, Pokemon Company, dan Investorlainnya untuk bekerjasama dalam mewujudkan game Pokmon Go. Akhirnya Hanke mengumpulkan dana 25 juta dollar As atau setara Rp.328 Milyar untuk membentuk tim yang berjumlah 40 orang untuk mengembangkan game Pokemon Go.

Akhirnya pada tahun ini, 2016 Pokemon Go resmi rilis. Tepatnya pada tanggal 6 Juli 2016 di Amerika, Australia, Selandia Baru dan akhirnya pada Indonesia.


Sejarah Pokemon Go Sejarah Pokemon Go Reviewed by indrianto yoggi on 2:01 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.